15 Mar 2013

Engine PES Baru!

14 Maret 2013, Konami memperkenalkan engine terbaru yang akan digunakan pada PES 2014; melalui sebuah majalah games "EDGE". Untuk mendapatkannya, kami hrs register dan berlangganan online, karena kalo utk membeli majalah secara fisik hanya bisa diperoleh di negara UK dan Eropa. Dirilis sekitar jam 5 sore waktu Indonesia, jadi sebelum itu, kami coba terus memantau aktivitas komunitas PES di seluruh dunia melalui jejaring sosial Twitter. Puji Tuhan, akhirnya kami bisa mendapatkan link download majalah tersebut dan akhirnya kami bisa mengakses dan membaca artikel yang sgt kita harapkan: PES Engine!

 photo BFUdYW7CYAE1U61s_zps1cb9326b.jpg
Penampakan Majalah EDGE #252

 photo 577239_10151332904834327_5620740712_n_zps8a47e99f.jpg
Penampakan Cover EDGE #252

Melihat ke bacaan, penasaran apa aja yang dibahas di sana, kami langsung loncat ke bagian PES Engine yang ada di halaman 72; dengan total 8 halaman, dimana 1 halaman pertama hanya menampilkan gambar seperti pada cover. Topik pertama yg dibahas adalah "Apa yang diharapkan Konami dgn Engine terbarunya ini?"; dalam artikel disebutkan bahwa Konami mengakui kesulitan mereka saat transisi dari PS2 ke PS3, ada kesalahan di dalam organisasi, termasuk budaya organisasi Jepang yang terlalu kaku untuk merespon sebuah perubahan besar. Hasilnya kita tahu bahwa di pasar UK, penjualan EA FIFA dibanding PES mencapai ratio 20:1. Oleh karena itu, lahirnya engine baru ini bukan hanya berdasarkan kebutuhan menghadapi konsol gen-terbaru: PS4 tapi juga merupakan hasil pemikiran panjang untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Engine baru yang ada sekarang disebut sebagai engine untuk menghadapi "ketidakpastian"; engine dirancang untuk bisa beradaptasi dan berkembang sesuai kebutuhan pasar. Konami menyadari bahwa pasar game yang ada sekarang sudah mengalami perubahan, orang-orang skg bisa mengakses game melalui "mobile" atau "tablet", bahkan untuk pasar dimana orang berlama2 bermain konsol di depan TV cenderung mengalami penurunan.

Jadi, apa yg Konami harapkan melalui perubahan ini semua adalah mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan persaingan di pasar game, dengan cara memfasilitasi segala bentuk model atau cara orang dalam bermain game; Sehingga baik itu bermain via mobile, tablet, ataupun konsol, player dapat memiliki pengalaman (emotional) bermain yang sama.

(Bersambung...)

Tidak ada komentar: